cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24776254     EISSN : 24778427     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social sciences.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2018): VOLUME 3 NUMBER 2 SEPTEMBER 2018" : 4 Documents clear
PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPABUMI DI SMA NEGERI 1 GANTIWARNO, KLATEN Fajar Wulandari
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 3, No 2 (2018): VOLUME 3 NUMBER 2 SEPTEMBER 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.941 KB) | DOI: 10.26737/jpipsi.v3i2.712

Abstract

.  Penelitian ini  bertujuan  mengetahui  penggunaan  media  video  terhadap  kesiapsiagaan siswa  menghadapi bencana gempabumi di SMA Negeri 1 Gantiwarno. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan metode Levene Test untuk uji homogenitas, dengan populasi siswa SMA Negeri 1 Gantiwarno sebagai kelompok siswa yang rentan terhadap bencana gempabumi di sekolah. Sampel yang diambil yaitu 50 siswa dari kelas X, XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2. Hasil penelitian menyimpulkan 1) Hasil data diketahui dapat meningkatkan kesiapsiagaan siswa SMA Negeri 1 Gantiwarno menghadapi bencana gempabumi. Nilai indeks gabungan kesiapsiagaan siswa sebelum diberikan media video adalah 63,83 termasuk kategori hampir siap dengan presentase sangat siap (10%), siap (32%), hampir siap (44%),  kurang siap (12%)  belum siap (2%), sedangkan tingkat kesiapsiagaan siswa SMA Negeri 1 Gantiwarno menghadapi bencana gempabumi sesudah diberikan media video dengan perolehan nilai78,79 termasuk kategori siap dengan presentase sangat siap (46%), siap (36%), hampir siap (16%),  kurang siap (2%)belum siap (0%). 2) Penggunaan media video dapat meningkatkan kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana gempabumi.
MODEL RESOLUSI KONFLIK DALAM MENGATASI INTOLERANSI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMA KOTA SINGKAWANG Dina Anika Marhayani; Wasis Suprapto
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 3, No 2 (2018): VOLUME 3 NUMBER 2 SEPTEMBER 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.045 KB) | DOI: 10.26737/jpipsi.v3i2.758

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model teoritk resolusi konflik dalam pembelajaran IPS di SMA Kota Singkawang. Secara rinci tujuan penelitian ini: 1) mengembangkan perangkat pembelajaran model teoritik resolusikonflik intoleransi dalam pembelajaran IPS; 2) untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran modelteoritik resolusi konflik intoleransi dalam pembelajaran IPS valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini akan menghasilkanmodel yang berupa model teoritik resolusi konflik intoleransi dalam pembelajaran IPS. Target yang akan dicapai melaluipenelitian ini adalah terbitnya sebuah karya ilmiah yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pembacamelalui publikasi ilmiah dalam jurnal nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D yang dilakukanselama 1 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model Borg dan Gall dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: Pengumpulan informasi awal, perencanaan awal, pengembangan produk, ujicoba produk awal,revisi produk, ujicoba lapangan 1, revisi produk, ujicoba lapangan 2, revisi produk, desiminasi dan implementasi. Padapenelitian ini hanya sampai pada revisi produk dan ujicoba hanya sampai pada ujicoba lapangan 1 karena mengingatketerbatasan waktu. Model teoitik resolusi konflik intoleransi dapat digunakan di sekolah-sekolah terutama sekolah yangmemiliki siswa yang multi etnis. Dengan penggunaan model ini, diharapan dapat digunakan di sekolah-sekolah terutamapada tingkat SMA pada pembelajaran IPS
RELOKASI MASYARAKAT MADURA DI SINGKAWANG SEBAGAI BAGIAN DARI PROSES RESOLUSI PASCA KONFLIK ETNISITAS DI KABUPATEN SAMBAS Wasis Suprapto
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 3, No 2 (2018): VOLUME 3 NUMBER 2 SEPTEMBER 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.058 KB) | DOI: 10.26737/jpipsi.v3i2.975

Abstract

.Konflik etnisitas di Kabupaten Sambas telah menciderai semangat kebhinekaan di Indonesia. Konflik telah menyebabkanjatuhnya korban jiwa, harta benda, dan membuat salah satu pihak harus direlokasi demi meredam konflik. Upaya relokasi ini pernahdialami oleh Etnis Madura di Kota Singkawang. Tujuan kajian ini yaitu (1) Pertimbangan dasar pemilihan Singkawang sebagai tempatrelokasi ditinjau dari sisi keamanan dan politis, (2) Potensi Singkawang ditinjau dari sisi geografis dan ekonomis. Metode penelitianini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keamanan di Singkawang sangat terjamin karena banyakdijumpai markas TNI. Selain itu, Singkawang adalah daerah pemekaran baru dari Kabupaten Sambas sehingga memungkinkanterjadinya integrasi baru. (2) Tanah Singkawang sangat baik untuk kegiatan pertanian dan peternakan. Hasil petanian sangatmendukung dalam memajukan perekonomian Singkawang. (3) Etnis Madura di Singkawang sudah mendapatkan hak-haknya sebagaiwarga negara baik di bidang politik, pendidikan, dan budaya yang menjadi indikator sudah terjalinnya integrasi antar etnis di kota ini. 
METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN BELAJAR IPS Arsyad Arsyad; Wahyu Bagja Sulfemi
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 3, No 2 (2018): VOLUME 3 NUMBER 2 SEPTEMBER 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.727 KB) | DOI: 10.26737/jpipsi.v3i2.1012

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang  dilaksanakan pada peserta didik SD Negeri Beji 5 yang berjumlah 40, terdiri dari 20 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas 3 SD Negeri Beji 5 dengan metode pembelajaran Role Playing dan media audio visual. Dari hasil pada pembelajaran prasiklus dengan KKM 75 di peroleh rerata kelas 58,25. Peserta didik yang tuntas hanya 7 (17,5%) dan dapat menjawab 10 (25%) sedangkan  yang tidak menjawab ada 30  peserta didik atau 75 %. Pada siklus 1 hasil Rata-rata adalah 70,8. yang tuntas sebanyak 23 orang (57,5%) dan hasil pengamatan hanya 25 (62,5%) dapat menjawab. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas sebesar 81,88. Peserta didik yang tuntas dalam pelajaran sebanyak 40 (100%) dan sedangkan hasil pengamatan yang dapat menjawab 40 (40%), sedangkan hasil pengamatan yang dapat menjawab dan tidak dapat menjawab diperoleh 40 orang peserta didik dapat menjawab atau 100 %. Dengan demikian pembelajaran menggunakan metode Role Playing dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar, keaktipan  serta motivasi, materi yang disampaikan oleh guru dapat dimengerti, tanggung jawab peserta didik terhadap tugas cukup tinggi,  dan membantu peserta didik untuk terlibat aktif di dalam kegiatan pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 4